Monday, May 11, 2015

Cara mengukur capasitor

   Pengukuran Kapasitor
Kapasitor adalah komponen elektronik yang dirancang untuk dapat menyimpan dan membuang Tegangan Arus Listrik Searah (Direct Current Voltage / DCV).
Kapasitor terbagi dalam dua jenis. Pertama, kapasitor yang memiliki kutub positif (+) dan negatif (-). Dalam teknik elektronika disebut kapasitor polar (polarised capcitor). Kedua, kapasitor yang tidak memiliki kutub positif (+) dan negatif (-). Disebut kapasitor non polar (unpolarised capacitor).
gambar 1. pengukuran kapasitor
Hal penting yang perlu diperhatikan dalam mengukur kapasitor polar adalah :
a.       Kabel penyidik (probes) positif (+) yang berwarna merah diletakkan pada kaki kapasitor yang bertanda positif (+).
b.      Kabel penyidik (probes) negatif (-) yang berwarna hitam diletakkan pada kaki kapasitor yang bertanda negatif (-).
c.      Saklar jangkauan ukur pada posisi Ω, batas ukur (range) berada pada posisi x1, x10 atau kΩ, sesuai kebutuhan.
d.  Kapasitor non polar (unpolarised) kedua kabel penyidik (probes) dapat diletakkan secara acak ke kaki kapasitor. 



lebih mudah nya lagi yaitu menggunakan multi tester yang sudah dilengkapi dengan pengukuran kapasitor, jadi jika tidak ingin repot-repot menghitung ulang hasil pengukuran, anda bisa menggunakan multitester tersebut. biasanya multitester yang sudah dilengkapi pengukuran langsung seperti kapasitor, suhu, humiditas, transistor, memiliki kualitas harga yang lumayan lebih mahal dari multitester yang biasa.



0 komentar:

Post a Comment