Monday, March 20, 2017

Memasang lampu LED  Supra x 125




Baiklah, kali ini saya ingin berbagi pengalaman dalam pemasangan lampu motor supra x 125 dengan menggunkan lampu LED. 

dimana dalam beberapa bulan ini banyak produk sepeda motor keluaran terbaru sudah dibekali dengan lampu utama yang menggunakan jenis LED.


lampu standar supra x 125 r, menggunakan dua buah lampu bohklam berdaya masing masing 18watt, dimana kedua nya memiliki jumlah konsumsi daya sebesar 36 watt. dan disuplay langsung dari putaran mesin, jadi dengan accu standar bawaan yang berkapasitas 3,5 Ah sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumsi listrik, seperti lampu rem, lampu sein dll.

dari sini, saya menginginkan lampu motor supra x 125 ini dapat menggunakan lampu led dengan daya yang lebih rendah, yakni 8 watt, jadi total 16 watt daya yang digunakan. 

namun dalam pemasangan tentu saja kelistrikan harus dirubah, karakteristik lampu Led mewajibkan untuk menggunkan kelistrikan DC. dimana standar kelistrikan pada supra x 125 adalah AC untuk bagian lampu depan. 

jadi hal yang pertama harus dilakukan adalah merubah jalur kelistrikan lampu utama, da berbagai cara anda dapat mempelajarinya di blog sebelah, jika tidak ingin repot ya langsungkan saja ke aki.

jika tidak mau repot, dapat membeli kontrolernya, tentu saja ini menambah ongkos pengluaran anda. 
kontroler ini dapat langsung dipasangkan tanpa merubah apapun. 


*untuk tes jalan, saya menggunakan dua buah led dengan kelistrikan langsung dari aki. jika anda menggunakan aki standar, saya sarankan untuk upgrade dengan kapasitas yang lebih besar. mengingat untuk keamanan, karna untuk motor supra x 125 pada bagian CDI menggunakan suplay DC, jadi aki berperan penting dalam kelistrikan pengapian. :)


berikut ini hasil dari penggunakan LED, cukup terang. namun tentusaja anda harus menyetel ulang ketinggian jarak jangkau, jangan membuat penggendara lain dirugikan. cahayanya sangat menyilaukan.   

0 komentar:

Post a Comment